PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 KEDIRI
- Sejarah Singkat
Dalam realitas sejarah berdirinya, MTs Negeri 7 Kediri tumbuh dan berkembang dari lembaga pendidikan yang telah mengalami beberapa kali perubahan nama lembaga sebagai berikut:
Pada tahun 1973 telah berdiri lembaga pendidikan bernama PGA (Pendidikan Guru Agama) Ma’arif Pare Kebupaten Kediri. Seiring dengan antusias masyarakat semakin banyak maka ada usaha dari pengelola PGA Ma’arif tersebut untuk diusulkam menjadi lembaga negeri maka berubahlah lembaga tersebut menjadi PGAN 4 tahun.
Dalam perkembangannya, PGAN 4 tahun tersebut kira-kira pada tahun 1978 diubah menjadi MTsN 2 Pare Kabupaten Kediri. Pada sekitar tahun tersebut ada pula peraturan yang menyebutkan bahwa 1 (satu) kecamatan tidak boleh berdiri MTs negeri lebih dari 1 (satu) lembaga. Sehingga oleh pemerintah, MTsN 2 Kabupaten Kediri tersebut direlokasikan ke Kabupaten Gresik (yang sampai dengan sekarang diberi nama MTsN Gresik).
Karena yang direlokasi hanya lembaganya (MTsN 2 Pare Kabupaten Kediri saja sedang SDM (Sumber Daya Manusia) nya tidak ikut dipindah dan bangunan gedung yang pernah digunakan kegiatan pembelajaran MTsN 2 Pare Kabupaten Kediri masih layak digunakan maka nama MTsN 2 Pare Kabupaten Kediri diubah menjadi MTsN Filial Pare Kabupaten Kediri.
Seiring perkembangan jaman, maka sekitar tahun 1994 MTsN Filial Pare Kabupaten Kediri dengan pimpinan Bapak H. Ridlowi, BA dengan Wakil Kurikulum Bapak Drs. Imronuddin Huda berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengusulkan penegerian ke Departemen Agama RI menjadi lembaga negeri yang mandiri. Pada waktu pengusulan penegerian tersebut, nama MTsN Filial Pare Kabupaten Kediri terletak di jalan Jombang gang Kauman Pare Kabupaten Kediri.
Akhirnya oleh Menteri Agama usul tersebut disetujui. Kemudian berdasarkan SK Menteri Agama No. 515A Tahun 1995 Tanggal 25 November 1995, berdirilah lembaga negeri dari MTsN Filial Pare Kabupaten Kediri menjadi MTsN Jombang Kauman Kabupaten Kediri dengan alamat di jalan Jombang gang II Kauman Pare kabupaten Kediri. Sebagai kepala adalah Bapak Drs. Imronuddin Huda.
Kemudian berkat usaha yang kuat dan ikhlas oleh Kepala Madrasah pada saat itu, maka pada tahun 1995 MTsN Jombang Kauman Kabupaten Kediri direlokasi ke jalan Kebonsari no. 1 desa Kencong kecamatan Kepung kabupaten Kediri. Hingga pada 2014, seluruh madrasah negeri di kabupaten Kediri disepakati untuk dirubah nama menjadi berurutan dari tahun berdirinya, dan MTsN Jombang Kauman akhirnya dirubah menjadi MTsN 7 Kediri dengan kepala pada saat itu Bapak Muhammad Zainuddin, S.Pd, M.Pd.I.
Demikianlah sejarah singkat berdirinya MTsN 7 Kediri yang dihimpun dari berbagai sumber.
Data Kepala yang Pernah Bertugas di MTsN 7 Kediri
No | Nama Kepala | Periode | Keterangan |
1 | Ridlowi | … sd.1995 | Pimpinan MTsN Filial Pare |
2 | Drs. Imronuddin Huda | 1995 – 2001 | Kepala MTsN Jombang Kauman |
3 | Drs. H. Muzayin | 2001 – 2004 | Kepala MTsN Jombang Kauman |
4 | Mohammad Tarmidi, S.Pd | 2004 – 2009 | Kepala MTsN Jombang Kauman |
5 | Drs. H. Imam Maksum | 2010 – 2011 | Kepala MTsN Jombang Kauman |
6 | Drs. Jamiluddin | 2011 – 2014 | Kepala MTsN Jombang Kauman |
7 | Muhammad Zainuddin, S.Pd, M.Pd.I | 2014 – 2022 | Kepala MTsN Jombang Kauman / Kepala MTsN 7 Kediri |
8 | Abas Shofwan, S.Pd, M.Pd.I | 2022 s.d sekarang | Kepala MTsN 7 Kediri |
Data Siswa MTsN 7 Kediri
Keadaan siswa dapat dilihat perkembangannya sampai dengan saat ini seperti tabel di bawah ini:
No. | Tahun | Kelas VII | Kelas VIII | Kelas IX | Jumlah | ||||
Jumlah | Jumlah | Jumlah | Murid | Rombel | |||||
Murid | Rombel | Murid | Rombel | Murid | Rombel | ||||
1 | 2004/2005 | 145 | 3 | 144 | 3 | 145 | 3 | 434 | 9 |
2 | 2005/2006 | 182 | 4 | 134 | 3 | 135 | 3 | 451 | 10 |
3 | 2006/2007 | 200 | 5 | 167 | 4 | 132 | 3 | 499 | 12 |
4 | 2007/2008 | 245 | 5 | 198 | 4 | 158 | 4 | 601 | 13 |
5 | 2008/2009 | 245 | 5 | 233 | 5 | 193 | 4 | 666 | 14 |
6 | 2009/2010 | 280 | 6 | 222 | 5 | 219 | 5 | 721 | 16 |
7 | 2010/2011 | 318 | 7 | 266 | 6 | 210 | 5 | 794 | 18 |
8 | 2011/2012 | 328 | 7 | 315 | 7 | 260 | 6 | 903 | 20 |
9 | 2012/2013 | 418 | 9 | 314 | 7 | 291 | 7 | 1023 | 23 |
10 | 2013/2014 | 399 | 9 | 406 | 9 | 307 | 7 | 1112 | 25 |
11 | 2014/2015 | 412 | 9 | 379 | 9 | 401 | 9 | 1192 | 27 |
12 | 2015/2016 | 381 | 9 | 389 | 9 | 387 | 9 | 1157 | 27 |
13 | 2016/2017 | 402 | 9 | 388 | 9 | 373 | 9 | 1133 | 28 |
14 | 2017/2018 | 388 | 10 | 400 | 10 | 367 | 10 | 1158 | 30 |
15 | 2018/2019 | 365 | 10 | 385 | 10 | 391 | 10 | 1151 | 30 |
16 | 2019/2020 | 364 | 10 | 363 | 10 | 384 | 10 | 1111 | 30 |
17 | 2020/2021 | 341 | 11 | 356 | 10 | 359 | 10 | 1056 | 31 |
18 | 2021/2022 | 348 | 11 | 338 | 11 | 358 | 10 | 1044 | 32 |
19 | 2022/2023 | 389 | 11 | 344 | 11 | 334 | 11 | 1067 | 33 |
20 | 2023/2024 | 407 | 11 | 382 | 11 | 341 | 11 | 1130 | 33 |
Data Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bisa dilihat di tabel berikut:
No | Status Personalia | Pendidikan | Jumlah | ||||
SLTP | SLTA | D3 | S1 | S2 | |||
1 | Kepala | 1 | 1 | ||||
2 | Guru PNS | 33 | 10 | 43 | |||
3 | GTT | 19 | 2 | 21 | |||
4 | Tenaga Administrasi | 3 | 3 | ||||
5 | PTT | 8 | 4 | 12 | |||
Jumlah | 11 | 56 | 13 | 80 |
Data tersebut mengandung makna betapa tingginya semangat kemandirian Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri dalam menyelenggarakan pendidikan. Yang dibarengi denga profesionalitas dalam manajemen madrasah dan didukung oleh sumberdaya internal, baik dalam pengembangan program pendidikan (kurikulum), sistem pembelajaran, sumberdaya manusia, sumber dana maupun sarana dan prasarana yang memadai, sehingga proses dan hasil pendidikannya selalu meningkat.
Bahkan semangat tersebut saat ini harus berhadapan dengan tuntutan baru terutama menyangkut pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang diikuti dengan beberapa Permendiknas sebagai penjabaran dari PP tersebut. Standar Nasional Pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum NKRI, yang terdiri atas 8 (delapan) standar pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik & tenaga kependidikan, standar satana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dengan demikian, setiap madarasah dituntut untuk selanjutnya berusaha meningkatkan kualitasnya ke standar yang lebih tinggi.
Selama beberapa tahun berdirinya MTsN 7 Kediri, ada beberapa program madrasah yang telah dilaksanakan. Selain program kelas Unggulan, ada pula beberapa program madrasah lainnya, yaitu:
- Madrasah Adiwiyata
- Madrasah Literasi
- Madrasah Sehat
- Madrasah Wasathiyah
- Madrasah Digital
- Madrasah Riset
- Sekolah Ramah Anak
- Sekolah Siaga Kependudukan
- Sistem Kredit Semester (SKS)
- Visi, Misi, Dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kediri
- Visi
“Religius, Cendekia, Literat, Moderat, dan Peduli Lingkungan”.
- Misi
- Menanamkan kepribadian, iman, taqwa, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari
- Menyelenggarakan pendidikan secara efektif dan efisien
- Meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan serta mengembangkan pembelajaran yang inovatif
- Menciptakan peserta didik yang berprestasi baik akademis maupun non akademis
- Meningkatkan kemampuan civitas studika dalam bidang teknologi informatika untuk menghadapi tantangan zaman
- Mengefektifkan kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler
- Membudayakan literasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari
- Membimbing civitas studika untuk menghasilkan karya literasi
- Menerapkan nilai-nilai wasathiyyah untuk mewujudkan sikap moderasi beragama
- Melestarikan tumbuhan, hewan dan lingkungan
- Meminimalisir pencemaran lingkungan
- Mewujudkan madrasah sehat, lingkungan bersih dan rindang
- Mewujudkan madrasah yang bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya)
- Menjalin kerjasama dengan komite madrasah, masyarakat dan instansi terkait.
- Tujuan yang ingin diraih oleh MTsN 7 Kediri:
- Terlaksananya sholat berjamaah, tadarus Al Qur’an, dan dzikir Asmaul Husna
- Peserta didik terampil memimpin ibadah
- Terwujudnya pendidikan secara efektif dan efisien
- Terwujudnya pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif
- Terciptanya peserta didik yang berprestasi baik akademis maupun non akademis
- Terwujudnya civitas studika yang terampil dalam bidang teknologi informatika untuk menghadapi tantangan zaman
- Terwujudnya kegiatan pengembangan diri dan ekstrakurikuler yang efektif
- Terwujudnya budaya membaca, menulis, dan meneliti dalam kehidupan sehari-hari
- Terwujudnya civitas studika dalam menghasilkan karya ilmiah dan populer
- Terciptanya civitas studika yang tawassut, tawazun, dan i’tidal
- Terwujudnya keindahan taman, budidaya anggrek, dan tanaman sejenis lainnya
- Terlaksananya pemeliharaan unggas, ikan, dan mamalia
- Terwujudnya kebermanfaatan limbah wudhu dan cuci tangan untuk pemeliharaan ikan serta pengairan tanaman
- Terwujudnya pemilahan sampah organik dan anorganik di setiap ruangan
- Terwujudnya pengolahan limbah organik menjadi pupuk kompos
- Terwujudnya kantin sehat alami bebas 5P (Pengenyal, Perasa, Pengawet, Pemanis, dan Pewarna)
- Terwujudnya madrasah yang bersih, rindang dengan beragam tanaman
- Terwujudnya madrasah yang bebas NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya)
- Terwujudnya MoU dengan komite madrasah, masyarakat dan instansi terkait.